PT Jasamarga Bali Tol Pastikan Kesiapan Ruas Tol Bali Mandara Sambut World Water Forum ke-10

DENPASAR,-  PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku pengelola Ruas Tol Tol Bali Mandara (Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa) siap memberikan layanan terbaik selama kegiatan World Water Forum (WWF) 2024 yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 18 – 25 Mei 2024.

World Water Forum merupakan platform untuk memperjuangkan isu-isu strategis terkait sumber daya air di seluruh dunia.

Untuk memastikan persiapan yang optimal, PT JBT telah menyusun strategi pelayanan operasi. Fokus utama kesiapan ini mencakup persiapan pelayanan operasi di gerbang tol dan sepanjang jalur tol, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), memastikan seluruh fasilitas di jalan tol dapat berfungsi dengan optimal, pembatasan kegiatan konstruksi selama masa layanan operasional, pengendalian kepadatan lalu lintas, serta memastikan kebersihan dan fasilitas layanan yang memadai.

Dalam upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan delegasi di Jalan Tol Bali Mandara, PT JBT telah merencanakan penerapan sistem buka-tutup pada Gardu Tol 01 dan memasang _signboard_ lajur khusus jalur VIP untuk memfasilitasi perjalanan para delegasi yang menghadiri acara. Lajur khusus juga telah disiapkan di Gardu 04 di setiap gerbang tol untuk perlintasan Tim Pengamanan WWF, yang terdiri dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Kepolisian, Korps Lalu Lintas, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan perjalanan para delegasi selama acara berlangsung.

Selain itu, PT JBT secara proaktif melakukan publikasi gekaran WWF 2023 melalui pemasangan _branding_ media luar ruang, seperti spanduk, banner, dan stiker, di sepanjang akses tol dan di ketiga Gerbang Tol (GT) utama, yaitu GT Nusa Dua, GT Ngurah Rai, dan GT Benoa. Selain itu, PT JBT juga melakukan pemasangan penjor yang menjadi ciri khas budaya Bali pada masing-masing gerbang tol. Langkah ini bertujuan untuk memberikan sambutan kepada para delegasi serta menyoroti peran penting Bali sebagai tuan rumah acara internasional ini.

Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Bapak I Ketut Adiputra Karang menyampaikan "Kami sangat antusias dalam menyambut kedatangan para delegasi dan peserta World Water Forum 2024. Persiapan menyeluruh yang telah kami lakukan bertujuan untuk memastikan bahwa acara ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Kami berharap forum ini akan menjadi langkah penting dalam memajukan kesadaran akan pentingnya pengelolaan air secara berkelanjutan," ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan PT JBT berkolaborasi dengan pihak Kepolisian dalam melakukan pemasangan _Closed Circuit Television_ (CCTV) tambahan di sembilan titik strategis menjadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan pengawasan keamanan selama acara berlangsung. PT JBT juga telah menyiapkan petugas dan armada operasional seperti kendaraan derek, rescue, kendaraan _Mobile Customer Service_ (MCS), dan kendaraan ambulans yang siaga selama 24 jam, 4 _mobile reader_ (MR) juga siap disiagakan di setiap gerbang tol, baik di GT Benoa, GT Ngurah Rai, maupun GT Nusa Dua, untuk mempercepat transaksi pembayaran tol saat terjadi kepadatan. Dalam hal keamanan, PT JBT berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Denpasar.

Selain menyiapkan operasional yang matang, JBT juga mempersiapkan strategi komunikasi dan manajemen informasi kepada para pengguna jalan tol, terutama dalam menyampaikan himbauan dan panduan perjalanan. Informasi terkait akan disampaikan melalui channel resmi Jasamarga Bali Tol, seperti Call Center 14080, aplikasi Travoy, dan akun resmi media sosial Perusahaan (Instagram: @jasamargabalitol_official). Hal ini menjadi bukti komitmen JBT dalam memberikan layanan informasi yang cepat, tepat, dan akurat bagi masyarakat.

Adi mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berperan aktif dalam menjaga kelancaran dan keamanan lalu lintas dengan mematuhi aturan lalu lintas, ikuti petunjuk dari petugas lalu lintas, “Dengan kerjasama dan partisipasi dari semua pihak, kami yakin bahwa World Water Forum 2024 akan menjadi momentum penting dalam upaya kita bersama untuk menjaga dan mengelola sumber daya air dunia,” pungkasnya.(*/Las)



Diberdayakan oleh Blogger.